Jalur LRT Jakarta membentang dari Kelapa Gading hingga Velodrome sepanjang 5,8 km. Nantinya LRT Jakarta yang terdiri atas empat rangkaian kereta akan menjalani simulasi sejauh 2.000 km selama sebulan.
Untuk dapat menjajal kereta ringan ini pun tidak dikenakan biaya sepeser pun oleh pihak LRT Jakarta. Bahkan pihaknya terbuka untuk masyarakat umum yang penasaran ingin menjajalnya, meskipun untuk sementara proses uji coba ini masih tterbatas atau by invitation, Antara lain keluarga karyawan perusahaan Jakpro, anak usaha Jakpro dan dari instansi pemerintahan yang selama ini terlibat di proyek LRT Jakarta.
Saat ini, perkembangan pembangunan proyek yang memiliki panjang 5,8 km ini sudah mencapai sekitar 87%. Khusus di Stasiun Velodrome, pembangunannya mencapai 90% dengan kualitas pengoperasiannya mencapai 80-90%.
Bangunan stasiun sendiri sudah berdiri kokoh meskipun masih banyak konstruksi detil yang dikerjakan, sebut saja seperti pekerjaan tangga yang menjadi akses masuk stasiun.
Hanya ada satu akses tangga yang sudah jadi dan dibuka oleh pihak LRT Jakarta, yaitu yang betepatan dengan pintu masuk Stadion Jakarta Velodrome.
Bagi masyarakat yang ingin naik ke atas pun bisa menggunakan eskalator atau tangga biasa. Begitu sampai atas, masyarakat sudah bisa melihat deretan pintu otomatis yang berada di sisi kiri dan kanan.
Pintu tersebut persis tempat menempelkan tiket atau kartu elektronik nantinya, sama sebelum naik KRL yang harus tap kartu elektronik terlebih dahulu.
Sebagian bangunan masih dalam tahap pengerjaan, namun pihak LRT Jakarta sudah mengoperasikam toilet yang bisa digunakan masyarakat selama masa uji coba.
Direktur Utama PT LRT Jakarta Allan Tandiono mengatakan kereta ringan yang diuji coba memiliki daya tampung maksimal mencapai 540 orang.
"Satu rangkaian ada empat gerbong, satu gerbong itu 135 orang, 135 dikalikan 4 ya 540," kata Allan.
(hek/fdl) Kalo berita nya ga lengkap baca dan buka link di samping https://finance.detik.com/infrastruktur/d-4192912/mengintip-progres-dan-penampakan-terkini-lrt-jakarta
No comments:
Post a Comment