Pages

Tuesday, August 7, 2018

Alasan Persija Jakarta Menempati Urutan Tertinggi dari Rivalnya

TRIBUNNEWS.COM - PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengeluarkan keterangan pers terkait fakta yang terjadi dalam klasemen sementara Liga 1 2018.

Pada pekan ke-19 Liga 1 2018 tertera bahwa Persija Jakarta menempati peringkat keempat.

Klub berjuluk Macan Kemayoran berada di atas Bali United, Barito Putera, dan Bhayangkara FC dengan rangkuman poin setara yakni 29 angka.

Ada pertimbangan logis ketika Persija berada di peringkat yang lebih tinggi dibandingkan Bali United, Barito Putera dan Bhayangkara FC.

Menurut regulasi Liga 1 2018 pada pasal 9 tentang sistem kompetisi menjelaskan penentuan peringkat di klasemen ditentukan berdasarkan jumlah poin.

Jika dua klub atau lebih yang poinnya sama maka dihitung berdasarkan head to head dengan beberapa ketentuan.

Merujuk bunyi pasal 9 ayat 4, yakni berdasarkan urutan (a) jumlah poin yang lebih tinggi didapat masing-masing klub dari pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan di antara klub-klub terkait, (b) selisih gol yang lebih baik dari masing-masing klub dari pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan di antara klub-klub terkait, (c) jumlah gol memasukkan masing-masing klub dari pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan di antara klub-klub terkait, (d) jumlah gol tandang masing-masing klub dari pertandingan pertandingan (gol tandang dikalikan 2) yang telah dimainkan diantara klub-klub terkait.

Ketentuan head to head di atas akan berlaku jika equal atau jika jumlah pertemuan antara dua tim atau lebih yang poinnya sama, sudah saling bertemu dalam jumlah pertandingan yang sama pula.

Ketika hal tersebut belum equal, maka penentuan klasemen sementara kembali berdasarkan selisih gol.

Peraturan tersebut telah diadopsi PT LIB dari AFC dan FIFA.

Persija dan Bhayangkara FC sudah menjalani empat laga di antara enam pertemuan.

Sedangkan Barito Putera dan Bali United baru menjalani tiga laga.

Di antara empat tim yang mengantongi 29 poin tersebut maka Persija berada di peringkat yang lebih tinggi karena unggul dalam selisih gol.

Let's block ads! (Why?)

Kalo berita nya ga lengkap baca dan buka link di samping http://www.tribunnews.com/superskor/2018/08/07/alasan-persija-jakarta-menempati-urutan-tertinggi-dari-rivalnya

No comments:

Post a Comment